10+ Panduan Menghemat Kuota Data di Smartphone Android

Terkadang, dengan nyamannya penggunaan smartphone, sering kali tidak terasa bahwa penggunaan kuota data internet sudah di ambang kematian. Padahal, kamu mungkin sudah memilah, mana yang harus kamu buka, mana yang tidak terlalu diperlukan. Namun, lagi-lagi kamu harus membeli paket internet, meskipun belum lama sudah kamu beli.

Bermakna, masih tetap ada langkah yang salah dalam penghematan kuota data di smartphone Android anda. Supaya anda tidaklah perlu buang uang kau cuma untuk beli paket internet setiap waktu, Jaka miliki cara-cara simpel, untuk menghemat kuota data anda yang diambil dari AndroidPit. Tidak yakin? Nih, Jaka tunjukkan.

10+ Langkah Gampang Untuk Menghemat Pemakaian Kuota Data di Smartphone Android

1. Kompres Halaman Pada Google Chrome

Bila anda memakai Google Chrome untuk menelusuri dunia internet, jadi panduan satu ini juga akan begitu berguna buat kamu loh guys. Aktifkan pilihan Data Saver yang ada pada Chrome, lalu dengan lakukan langkah tersebut anda telah dapat menghemat sampai 30-35% mengkonsumsi kuota data internet anda.

Memakai feature Data Saver, sudah pasti juga akan sedikit perlambat kesenangan anda menjamah dunia internet. Namun, tidak bermakna ini juga akan menghalangi anda sangat kronis kok. Untuk mengaktifkannya, anda butuh masuk ke ikon pilihan di samping kanan atas, menuju Settings, serta tentukan Data Saver.

2. Opera Beri Kenyamanan Mengompresi Video

Browser Android yang lain, yakni Opera juga mempunyai pilihan menarik yang begitu bermanfaat. Feature itu yaitu sangat mungkin anda untuk mengompresi video waktu lakukan penelusuran didunia maya. Sudah pasti, melihat video dengan streaming, begitu menelan kuota data anda. Hingga, paket internet anda senantiasa saja cepat habis.

Dengan terdapatnya feature di Opera ini, anda tidak butuh cemas untuk melihat video streaming. Pastinya, feature ini begitu menghemat kuota data saat dipakai waktu menelusuri dunia maya. Terlebih, bila video yang terputar, adalah ketidaksengajaan dari hasil penelusuran kita. Untuk mengaktifkannya, anda butuh unduh browser Opera, lalu tentukan Settings, serta click Data Savings. Gampang bukan?

3. Janganlah Pakai Aplikasi Facebook

Siapa yang tidak gunakan Facebook? Tentu culun banget deh bila di th. 2016, anda masih tetap belum juga memakai FB. Ya, aplikasi Android satu ini, adalah satu diantara customer paling besar yang menelan kuota data. Bahkan juga, bukan sekedar data, Facebook akan kuras baterai anda secara cepat. Jadi, apa yang perlu anda kerjakan?

Begini guys, anda tetaplah dapat menjalankan Facebook memakai alternatif beda, seperti membukanya pada browser Chrome maupun Opera. Memanglah sich, banyak aplikasi alternatif untuk buka FB, namun seperti Facebook Lite saja yang diklaim bisa kurangi mengkonsumsi data sampai 50%, nyatanya masih tetap saja tuch menelan beberapa ratus MB per bulannya. Tambah baik dengan browser bukan?

4. Pakai Aplikasi serta Game Offline

Untuk seseorang gamers sejati, tidak lengkap rasa-rasanya bila pada smartphone anda tidak ada game untuk dimainkan. Tetapi, seperti yang kita ketahui, sebagian games memerlukan akses internet dengan konstan supaya bisa dimainkan. Tak tahu ini memanglah mempunyai tujuan untuk memberi keamanan, maupun terus-menerus ambil kuota data anda.

Ada langkah menanggulanginya. Anda dapat memakai game yg tidak membutuhkan akses internet waktu dimainkan, cuma menelan kuota data waktu download saja. Begitu juga aplikasi, banyak yang dapat anda dapatkan untuk smartphone Android anda. Jaka sempat juga memberikannya loh, seperti 8 Game Duel Android Paling baik yang Bisa Dimainkan Dengan Off line serta 20+ Game Android Paling baik yang Dapat Anda Mainkan Tanpa ada Internet.

5. Batasi Pemakaian Data di Latar Belakang

Langkah termudah untuk menghemat kuota data paket internet anda yaitu untuk mengatur aplikasi anda atau bahkan juga system Android tersebut, supaya membatasi data di latar belakang. Latar belakang data adalah satu pemborosan data internet yang berlangsung waktu anda tidak memakainya. Misalnya yaitu sinkronisasi e-mail, up-date feed, widget cuaca, serta beda sebagainya.

Oleh karena itu, anda bisa mengaturnya di menu Settings, lantas tentukan Data Usage, lalu tentukan Restrict Latar belakang Data. Bila anda ingin mengaturnya satu per satu, anda dapat berkunjung ke tiap-tiap aplikasi yang anda telah install terlebih dulu. Jika menginginkan mematikan siknkronisasi e-mail, anda dapat masuk ke Settings, masuk ke Akun, Google, lantas matikan auto-sync. Hingga, anda mesti mengecek e-mail anda dengan manual.

6. Nonaktifkan Auto-Update pada Aplikasi

Mengkonsumsi paling besar yang lain yaitu waktu smartphone Android anda setiap kali mesti lakukan up-date di Google Play. Untuk menangani hal semacam ini, anda cukup masuk ke Play Store, lalu set pilihan auto-update jadi Do not auto-updates apps, atau Auto-update apps over Wi-Fi only.

Bila anda diwajibkan untuk lakukan up-date pada aplikasi yang anda punyai, kerjakanlah dengan manual. Tentukan My Apps, lalu saksikan satu per satu, mana yang anda perlukan untuk selekasnya diperbaharui. Dengan hal itu, kuota data anda juga akan sangat irit.

7. Masukan Daftar Musik Yang paling disayangi Anda di Smartphone

Service streaming saat ini ada dengan berlimpah. Dengan memakai smartphone, anda telah dapat terhubung YouTube, Spotify, Vie, maupun website streaming video serta musik yang lain. Walau sebenarnya, dengan memakai ini, kuota internet anda juga akan cepat habis. Diluar itu, terhubung aplikasi streaming terlalu berlebih akan kuras daya baterai anda.

Simpanlah daftar musik yang paling disayangi anda pada penyimpanan di smartphone. Bila memori internal tidak mencukupinya, manfaatkanlah microSD. Jika smartphone anda tidak mempunyai slot untuk microSD, anda dapat memakai Flashdisk OTG supaya tetaplah dapat nikmati musik dengan off line. Langkah yang gampang, bukan?

8. Hapus Aplikasi yang Menelan Data Begitu Tinggi

Meskipun ke-7 langkah telah anda kerjakan, tetapi kuota data anda masih tetap cepat habis, jadi kerjakan langkah yang ke-8. Pada menu Settings, lantas ke Data Usage, anda bisa lihat mana saja aplikasi yang menelan data paling banyak, baik di latar depan ataupun latar belakang. Hal semacam ini harus anda kerjakan supaya bisa ketahui mana aplikasi yang menyusahkan itu.

Mirip contoh, pada aplikasi Yahoo. Yahoo telah mengambil beberapa ratus MB e-mail di latar belakang tanpamu sadari. Sudah pasti, anda pastinya akan begitu terasa jengkel kalau kuota data anda terbuang sia-sia untuk suatu hal hal yang tidaklah terlalu bermanfaat. Karenanya, anda dapat menghapus aplikasi ini, atau mengatur supaya Yahoo tidaklah terlalu seringkali menelan data dengan sinkronisasinya.

9. Pakai Aplikasi Navigasi Offline

Waktu anda tengah mencari alamat, atau menginginkan menjangkau maksud namun anda tidak paham jalannya, langkah yang terbaik sekarang ini yaitu memakai aplikasi navigasi yang disiapkan oleh Android. Anda dapat memperoleh aplikasi navigasi apa pun sesuai sama apa yang diinginkan anda pada Google Play Store.

Namun, tahukah anda kalau aplikasi itu sangat menelan kuota data anda? Salah nya ialah Google Maps. Tetapi, hal tersebut masih tetap dapat ditepis. Anda dapat memakai Google Maps dengan off line loh. Langkahnya? Anda bisa memandangnya di Langkah Memakai Google Maps Tanpa ada Koneksi Internet (Off line).

10. Janganlah Unduh, Unggah atau Kirim Gambar Ataupun Video

Waktu anda berjalan-jalan, sudah pasti hal yg tidak sempat terlewati yaitu anda pastinya akan mengabadikan event seru itu dengan ber-selfie ria, memphoto, bahkan juga buat satu rekaman video. Nah, rutinitas jelek nih yaitu anda segera main unggah saja ke sosial media anda untuk dipamerkan. Sayangnya, hal tersebut membawa efek jelek untuk kuota data.

Pikirkan, smartphone jaman saat ini telah mempunyai ukuran serta resolusi camera yang cukup baik. Dengan terdapatnya hal tersebut, pasti waktu pengambilan gambar ataupun video, pastinya akan hasilkan ukuran gambar atau video yang begitu besar. Bila satu photo besarnya 10 MB, 10 photo bermakna 100 MB, dan sebagainya. Bila anda banyak uang serta tidak perduli sama kuota, sikat selalu saja guys, hehehe.

11. Gunakan Sebagus Mungkin saja Lokasi Hotspot

Nah, hal semacam ini yang paling menarik sedunia untuk beberapa pengagum gadget. Waktu anda ada di kafe, restauran, tempat nongkrong manapun yang sediakan konektivitas Wi-Fi, manfaatkanlah sebaik-baiknya. Jangan sampai malu untuk ajukan pertanyaan password pada beberapa pelayan yang berada di tempat itu.

Bila anda bingung mencari tempat yang sediakan hotspot, anda dapat memakai aplikasi pencari WiFi loh guys. Jaka miliki nih, anda ingin? Namun, Jaka minta anda mesti jadi ‘Fakir WiFi’ sejati ya, hehehe. Nih Jaka beri sebagian aplikasi yang dapat menjebol WiFi.

12. Berikan File Anda Lewat Bluetooth

Di jaman yang penuh gengsi begini, umumnya Bluetooth telah tidak terpakai ya guys waktu menginginkan sharing photo, video, ataupun file yang lain. Anda tentu senantiasa memakai aplikasi perpesanan untuk memudahkan sistem transfer file pada smartphone anda dengan yang lain. Walau sebenarnya, beberapa terang ini menelan kuota internet anda.

Seperti yang Jaka katakan pada point ke-10. Memakai beberapa hal begini, dapat anda kerjakan dengan transfer file lewat Bluetooth. Ngapain harus malu cobalah, anda kan tinggal katakan ” eh gan, gue kirim lewat Bluetooth saja ya “. Bila rekan anda menjawab begini ” pelit banget sich mesti pakai Bluetooth semua “, anda jawab sekali lagi ” biarin, dari pada ngabisis uang mulu buat beli kuota “. Tidak sulit bukan?

Nah, tersebut dua belas point yang dapat Jaka berikan buat kamu. Apakah anda suda mengaplikasikan hal begini? Bila belum juga, kerjakanlah saat ini juga, supaya uang jajan anda tetaplah utuh serta tidak boros cuma untuk beli pulsa. Bila ada pendapat yang lain untuk menghemat kuota data, anda dapat tuliskan pada kolom komentar dibawah ya, gratis kok.
Sumber: http://www.panduanpraktis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *