Distributor Akses Control dan Mesin Absensi

Memilih distributor akses kontrol memang merupakan hal yang sangat penting. Namun, selain memilih distributor yang tepat, ada satu hal yang juga sama pentingnya. Hal tersebut adalah produk itu sendiri. Karena tujuan sesungguhnya membeli access control ataupun mesin absensi adalah untuk menggunakan alat itu sendiri, apa yang Anda perhatikan saat memilih produk juga sangat penting. Kira-kira apa saja beberapa hal penting yang dimaksud? Ulasan berikut ini akan memberikan jawabannya.

Memilih Produk yang Tepat Dari Distributor Akses Control

Anda yang berusaha dengan cermat agar mendapatkan produk yang tepat dari distributor akses control bisa memegang aspek penting berikut ini dengan sungguh-sungguh. Aspek yang dimaksud meliputi:

1 ) Jenis Sensor

Ketika membeli produk dari distributor akses control, Anda harus mengingat kembali bahwa jenis sensor dari suatu produk fingerprint machine merupakan hal yang penting. Sebelum diolah atau dikonversikan menjadi kombinasi angka identifikasi yang unik, fitur sensor akan menangkap gambar dari sidik jari si pengakses.

Bagi Anda yang belum tahu, ada dua jenis sensor yang melengkapi suatu produk absensi sidik jari. Suatu mesin absensi bisa menggunakan satu dari dua macam sensor, yaitu sensor optik dan sensor silicon. Sensor optic merupakan sensor tipe lama sedangkan sensor silicon adalah sensor yang menggunakan teknologi terbaru. Apabila mesin absensi di tempat kerja atau institusi memiliki frekuensi akses yang sering seperti ratusan kali dalam sehari, sensor silicon lebih direkomendasikan untuk dipilih.

2 ) Kapasitas Template Sidik Jari

Selain fitur sensor pada produk mesin absensi sidik jari, Anda juga perlu memperhatikan aspek lainnya, yaitu kapasitas template sidik jari. Produk yang ditawarkan oleh distributor akses control biasanya memiliki berbagai jenis kapasitas. Untuk memahami perihal kapasitas, Anda bisa menyimak contoh penjelasan berikut.

Apabila suatu mesin memiliki kapasitas 6000 sidik jari, artinya mesin tersebut dapat menampung data sidik jari hingga 6000 sidik jari. Agar tidak kerepotan saat terjadi masalah identifikasi pada sistem, ketika memilih produk Anda disarankan untuk memilih mesin yang memiliki kapasitas maksimum dua kali dari jumlah karyawan yang dimiliki.

3 ) Kapasitas Log buffer

Kapasitas log buffer merupakan angka maksimum untuk penyimpanan sementara transaksi log di suatu mesin absensi sidik jari. Biasanya, log absensi dapat disimpan pada mesin selama beberapa hari sebelum diunduh oleh server database. Seperti kapasitas sidik jari, ketika Anda bermaksud untuk memilih produk, sebaiknya pilih produk yang dalam spesifikasinya memiliki kapasitas log buffer setidaknya 5 kali lebih besar dari jumlah pegawai.

4 ) Kecepatan identifikasi

Dalam spesifikasi suatu mesin absensi, kecepatan identifikasi juga merupakan aspek yang penting. Apabila memiliki proses identifikasi yang cepat, suatu mesin dapat mengidentifikasi suatu pola sidik jari hanya dalam waktu sepersekian detik. Walaupun kelihatannya cepat, sebenarnya proses identifikasi ini melibatkan beberapa proses yaitu scanning, searching, dan comparing (pembandingan) pola yang masuk dengan pola dalam database.

5 ) Software pencatat data

Aspek terakhir yang dianggap penting adalah reporting software. Perangkat lunak ini berguna untuk mengurusi laporan dan transaksi log dalam format yang bisa dibaca. Dengan perangkat lunak ini, operator bisa menganalisa aktivitas dari setiap pekerjanya. Sayangnya, tidak semua mesin absensi sidik jari memiliki built-in reporting software. Karena itu, jika ingin memiliki produk yang dilengkapi dengan fitur ini, sebaiknya Anda memperhatikan baik-baik spesifikasi dari produk yang ditawarkan.

Demikian beberapa hal penting seputar produk yang ditawarkan distributor akses control. Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *