Cara Mengobati Penyakit Hepatitis Secara Alami

Hepatitis berasal dari kata hepato yang berarti hati, sedangkan kata itis memilki arti radang. Maka hepatitis berarti peradangan pada hati. Hati terletak di ronggga perut bagian kanan  atas, merupakan organ tubuh yang mempunyai fungsi yang sangat penting.Cara Mengobati Penyakit Hepatitis Secara Alami

Peradangan hati merupakan sakit yang sering diabaikan karena seringkali tidak menunjukan gejala – gejala. Hepatitis biasanya tanpa nyeri. Bahkan, penyakit hepatitis  yang sudah pada tahap stadium lanjut pun tidak ada nyeri, akibat tidak adanya syaraf di dalam sel hati. Jadi penderitanya  tenang – tenang saja. Kadang penderita baru menyadari terkena penyakit hepatitis kalau sudah mencapai stadium lanjut. Pada stadium lanjut penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi berupa sirosis hati dan kanker hati yang dapat menyebabkan kematian.

Selain penyakit hepatitis B, ternyata hepatitis C juga dapat berkembang selama bertahun – tahun tanpa gejala yang mencurigakan, sehingga banyak diantara penderitanya tidak menyadari telah menderita penyakit yang berbahaya, yang juga berpotensi ditularkan kepada orang lain. Kadang-kadang muncul keluhan seperti mudah lelah, gangguan pencernaan, lemas, kembung, mual bahkan hilang nafsu makan.

Hati berfungsi sebagai pengolah energi tubuh dan benteng utama dari penyakit, jadi apabila hati terserang penyakit maka hal ini sangat berbahaya. Tubuh akan kekurangan pasokan energi dan mudah terkena infeksi penyakit, apabila fungsi hati telah terganggu.

Orang akan mempunyai peluang hidup yang lama jika organ hatinya sehat dan berfungsi dengan baik. Di dalam organ hati terjadi proses- proses yang penting bagi kehidupan kita, diantaranya proses pembentukan protein dan asam empedu, proses penyimpanan bahan energi, pengaturan metabolisme kolesterol dan penetralan racun yang dibawa oleh obat ke dalam tubuh kita. oleh karena itu, bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi jika organ hati kita tidak berfungsi dengan baik atau mengalami kerusakan.

Tahapan Perkembangan Penyakit HepatitisPenyakit hepatitis yang banyak ditemukan di Indonesia, terutama disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B dan hepatitis C.

sedangkan kasus yang banyak ditemukan di Negara maju seperti Amerika Serikat, penyebabnya adalah pelemakan hati kronis, akibat dari gaya hidup yang modern dengan pola makan tinggi lemak dan karbohidrat, diperparah lagi dengan kurangnya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Walaupun kondisi setiap pasien dan virus penyebabnya berbeda, namun tahapan perkembangan secara umum infeksi virus hepatitis, yaitu :

Tahap awal terjangkitnya penyakit hepatitis adalah perkembangbiakan virus. Virus mengeluarkan materi genetic DNA atau RNA untuk melakukan perkembangbiakan melalui pembelahan sel.Tahapan kedua yaitu timbulnya gejala penyakit.

Virus yang telah berkembang biak, selanjutnya menginfeksi sel sehat lain dalam jumlah yang banyak. Sistem kekebalan tubuh melakukan perlawanan, agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Pada tahapan ini penderita mengalami penurunan nafsu makan, mual, lesu, demam, gatal, pusing, kehilangan indera pengecap serta gangguan pencernaan.

Tahapan yang ketiga yaitu terjadinya perubahan pada warna urine dan tinja. Biasanya penderita penyakit hepatitis akan mengalami perubahan warna urine menjadi kuning tua dan kotoran atau tinja menjadi warna lebih terang.

Tahapan yang terakhir adalah kesembuhan. Virus yang menyebabkan penyakit telah mati karena perlawanan dari sistem kekeaalan tubuh. Ini berlaku untuk virus hepatitis A, sedangkan untuk  virus hepatitis B atau C, kemungkinan akan muncul kembali karena virus ini bisa mengelabui sistem kekebalan tubuh.

Penyebab Lain Gangguan Hati atau HepatitisKasus kerusakan hati yang paling banyak terjadi di Amerika  selain karena virus adalah, pelemakan hati akibat keracunan alkohol, penggunaan obat – obatan tertentu dan paparan berbagai zat kimia berbahaya.

Pelemakan hati. Yang dimaksud dengan pelemakan hati adalah akumulasi lemak trigliserida serta jenis lemak lain di sel hati yang dapat menyebabkan terjadinya pembesaran ukuran hati. Pelemakan hati terjadi karena konsumsi alkohol yang berlebihan serta gaya hidup yang mengkonsumsi makanan yang serba instan.

Sedangkan obat – obatan tertentu yang dapat menyebabkan pelemakan hati antara lain parasetamol yang biasa digunakan untuk obat penghilang demam dan flu. Akibat dari pelemakan hati yaitu pecahnya lemak secara berlebihan  dan pengingkatan masuknya asam lemak bebas ke dalam hati, sehingga menggangu fungsi hati.Sirosis hati. Sirosis hati dalam bahasa yang sederhananya adalah hati yang mengeras. Sirosis hati merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh terbentuknya jaringan ikat didalam hati yang menyebabkan banyak jaringan hati yang rusak, sehingga organ hati tidak dapat berfungsi lagi untuk melakukan fungsi metabolisme, detoksifikasi dan  fungsi lainnya untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Kanker hati. Penyakit kanker hati dapat disebabkan oleh sirosis hati yang biasa disebut dengan kanker hati primer. Dibandingkan orang dewasa, kanker hati primer banyak terjadi pada anak – anak. Gejala – gejala yang timbul antara lain, penurunan berat badan, cepat merasa kenyang dan perut selalu terasa nyeri. Kanker hati biasanya pada awalnya tanpa gejala sama sekali.

Seirngkali orang menduga bahwa penyakit yang diderita adalah sakit maag. Dalam tahapan yang lebih lanjut, penderita kanker hati akan merasakan nyeri perut kanan atas atau ulu hati , pembengkakan perut dan gagal hati.

Tips Untuk Menghadapi Penyakit HepatitisBila kita telah menderita penyakit hepatitis akut, segeralah lakukan konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan kesehatan agar kita tahu masalah apa yang sedang kita hadapi tanpa perlu merasa cemas lagi.

Dengan mengetahui batas kemampuan kita tersebut berkemungkinan besar kita dapat melakukan kegiatan yang wajar demi kesehatan kita sendiri. berikut beberapa tips menghadapi penyakit hepatitis, yaitu :Hadapi hidup dengan santai. Hindarilah sikap hidup yang selalu stress.

Karena stress yang berkepanjangan dapat mengacaukan sistem kekebalan tubuh. Cara menghilangkan stress diantaranya melakukan yoga atau meditasi, atau mengikuti kelompok penderita hepatitis sehingga dapat berbagi dan saling membangkitkan semangat hidup.

Makan secara teratur dengan asupan gizi yang lengkap dan seimbang. Nutrisi makanan yang lengkap dan seimbang dapat meredam aktivitas virus. Usahakan mengkonsumsi makanan yang bervariasi agar mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap.

Selain itu hal- hal yang bisa dilakukan diantaranya, minum 12 gelas air sehari, hindari makanan yang mengandung pengawet dan pewarna karena mengandung racun dan memperberat kerja fungsi hati, hindari diet yang terlalu berlebihan karena pembakaran lemak yang dipaksakan justru membebani kerja hati serta hindari herbal pelangsing yang menekan nafsu makan. Tubuh akan kekurangan protein sehingga merombak jaringan otot dan akibatnya membebani fungsi hati.

Sesuaikan olahraga dengan kondisi fisik kita. olahraga yang disarankan untuk penderita penyakit hepatitis adalah aerobik dan jalan santai.Jaga terus kesehatan kita. Baca juga artikel mengenai resiko dan cara mendeteksi kanker payudara serta beberapa tips untuk menghindarkan kita dari penyakit hipertensi. Hidup sehat selalu http://kiwkiwherbal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *