3 Wisata Adat Dan Budaya Toraja Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika wisata adat dan budaya Toraja sudah terkenal hingga mancanegara. Karena memang Toraja merupakan salah satu tempat wisata yang begitu mengesankan, terutama dari segi budaya dan adat yang dimilikinya. Sehingga tak salah apabila wisata di Sulawesi ini merupakan situs adat dan budaya dunia yang sangat lengkap dan masih terjaga kelestariannya hingga sekarang. Adat dan budayanya inilah yang membuat berbagai tempat wisata yang ada di daerah wisata ini sangat menarik perhatian wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke lokasi tempat wisata ini setiap hari. Lokasi-lokasi wisata yang ada di Toraja tak pernah sepi. Karena memang setiap sudut dari Toraja memiliki daya tarik tersendiri yang membuat siapapun akan tertarik untuk mengunjunginya.
Toraja merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi bagian dari tempat konservasi dari peradapan budaya proto melayu austronesia. Uniknya, peradapan tersebut masih terjaga dan terawat hingga detik ini. Lebih dari itu, Toraja juga dihuni oleh suku Toraja. Yang mana suku ini merupakan salah satu suku tertua di dunia. Suku Toraja ini mendiami daerah-daerah dataran tinggi dan pegunungan yang ada di Toraja. Walaupun hidup di era perkembangan teknologi, suku Toraja masih melestarikan gaya hidup khasnya. Hal ini terbukti dengan masih utuhnya berbagai peninggalan budaya dan adat dalam bentuk ritual dan sebagainya. Lantas apa saja wisata adat dan budaya Toraja yang bisa Anda kunjungi? Berikut nama beberapa wisata tersebut:

• Museum Ne Gandeng
Masyarakat Toraja merupakan salah satu masyarakat yang masih menghormati leluhurnya. Karena itulah, tempat yang dahulunya dijadikan sebagai pemakaman Ne Gandeng tersebut, kini dijadikan sebagai museum untuk menghormati Ne Gandeng. Apabila Anda berkunjung ke Museum ini, Anda bisa melihat adanya pondok permanen dengan bentuk rumah adat khas Toraja.

• Kete Kesu
Desa wisata di Toraja ini merupakan desa yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Toraja. Dengan lokasi yang berjarak sekitar 4 KM saja dari desa Rantepao, membuat desa yang satu ini memang strategis untuk dikunjungi. Di Kete Kesu, wisatawan dapat menemukan banyak peninggalan purbakala yang masih dilestarikan oleh masyarakat Toraja. Salah satunya adalah kuburan batu dengan usia ratusan tahun lamanya.

• Ranteallo
Di desa wisata dan adat ini, Anda bisa menemukan kemegahan rumah adat Toraja yang susunan rumahnya saling berhadapan. Keindahan susunan rumah tersebut tampak lengkap dengan latar belakang pemandangan yang berupa hutan hijau yang begitu asri.

Itu tadi 3 wisata adat dan budaya Toraja yang wajib Anda kunjungi saat berada di Toraja. Sebenarnya, masih ada banyak lokasi wisata adat dan budaya lain yang bisa Anda kunjungi. Akan tetapi ketiga lokasi tersebut merupakan wisata yang paling direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Nah, bagi anda yang ingin berwisata ke tana toraja bisa hubungi penyedia Explore Toraja untuk kesini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *