Jenis Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia

Jenis Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia – Dalam bahasa indoneisa terdapat beberapa jens teks yang sering anda jumpai dalam kehidupan sehari hari. Jenis teks tersebut sudah dipelajari saat masih dibangku sekolah. Teks merupakan suatu tulisan yang menggambarkan suatu peristiwa namun tetap mencakup tujuan serta konteks dari teks tersebut. Dalam teks dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis teks tersebut memiliki ciri ciri yang berbeda beda. Mungkin anda masih bingung mengenai beberapa jenis teks tersebut. Kali ini saya akan membahas mengenai jenis jenis teks bahasa indonesia.

Untuk mengetahui apakah jenis teks contoh teks prosedur tersebut maka dapat dilihat dari struktur kalimatnya. Untuk jenis teks yang pertama ialah teks narasi. Teks narasi ialah sebuah teks yang dihasilkan berdasarkan karangan fiksi atau tidak nyata. Untuk alur waktu dan ceritanya pun dibuat sesuai keinginan penulisnya. Untuk mengenali jenis teks ini cukup mudah dikarenakan pada teks ini berisi cerita fiksi. Teks narasi ini bermanaat untuk hiburan dan bacaan saja. Dalam teks narasi terdapat beberapa struktur teks yang meliputi komplikasi, orientasi, resolusi maupun coda.

Untuk jenis teks bahasa indoesia yang kedua adalah teks deskripsi. Teks deskripsi ialah jens teks yang menggambarkan sebuah objek benda mati maupun tidak sehingga pembaca dapat contoh teks prosedur merasakan bahkan terasa mengalami pengalaman yang sama. Selain itu teks deskripsi juga bertujuan untuk memberikan informasi secara menyeluruh tentang objek tersebut. Dalam teks deskripsi ini memiliki struktur teks seperti deskripsi mengenai perincian objek yang sedang dibahas serta identifikasi perkenalan mengenai objek tersebut

Teks selanjutnya ialah teks prosedur. Teks prosedur merupakan jenis teks yang berisi langkah langkah mengenai hal tertentu. Dalam tesk jenis ini biasanya dapat ditemui dalam panduan mengenai penggunan barang dan pembuatan benda, dalam resep makann, dan lain contoh teks prosedur lain. Teks prosedur memiliki tujuan sebagai petunjuk agar dapat melakukan suatu hal tertentu. Sama contoh teks prosedur halnya seperti jenis teks lain yang memiliki struktur teksnya juga. Struktur teks prosedur ialah bahan (jika ada), tujuan, maupun langkah.

Teks selanjutnya ialah jenis teks lapotan. Teks laporan ialah jenis teks dalam bahasa indonesia yang menjelaskan mengenai laporan informasi contoh teks prosedur secara detail terhadap objek yang dibahas. Dalam teks ini dapat diterapkan secara umum berdasarkan hasil pengamatan. Teks laporan tersebut berguna untuk memberikan informasi secara menyeluruh. Teks prosedur memiliki struktur teks yaitu deskripsi dan klasifikasi umum.

Teks selanjutnya ialah jenis teks eksposisi. Jenis teks ini dapat menggambarkan informasi yang disampaikan secara rinci namun tetap tegas, padat dan jelas. Dalam teks ekposisi ini memiliki sifat ilmah agar informasi yang diberkan lebih faktual. Jenis teks ini juga memiliki struktur teks yang harus diperhatikan. Struktur teks eksposisi tersebut meliputi tesis, argumentasi serta penegasan ulang.

Inilah penjelasan mengenai jenis jenis teks bahasa indonesia. Apapun jenis teks tersebut pasti memiliki ciri ciri serta struktur teks yang berbeda beda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *