Menikmati Keindahan Panorama Alam Hutan Mangrove

Kota Jogja selalu menjadi incaran para penggemar wisata di seluruh dunia. Seakan-akan tiada habisnya, Kota Jogja selalu memunculkan beragam obyek wisata yang indah dan menarik. Salah satunya adalah wisata Hutan Mangrove Kulon Progo.

Hutan Mangrove berlokasi di Kabupaten Kulon Progo. Letaknya berada tepat di sebelah barat Sungai Bogowonto. Sebagian orang menyangka kalau letaknya dekat dari Pantai Congot, padahal tidaklah demikian. Sebab, lokasi obyek wisata ini sudah masuk ke dalam kawasan Pasir Mendit Kecamatan Temon Kulon Progo, tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran , Kecamatan Temon.

Keindahan Hutan Mangrove terletak keindahan hutannya yang terdiri dari pohon-pohon bakau yang berkumpul dan berjejeran dengan indah. Semilir angin di sekitarnya bakalan membuat para pengunjung terlena dan betah untuk berlama-lama di sana. Keindahan Hutan Mangrove ini ada di sepanjang tepian dengan jembatan bambu yang memanjang di tepinya, dan juga menelusup ke dalam. Ingat, pandai-pandailah menjaga kebersihan di tempat ini, agar keindahan kawasan hutan ini tidak terkotori dan tetap dalam keadaan bersih.

mangrove kulon progo

Sejarah Awal Hutang Mangrove

Lokasi Tanaman Mangrove awalnya adalah hutan yang sengaja dikembangkan sejak tahun 1989 secara bertahap dalam rangka konservasi dan pencegahan abrasi. Belakangan kemudian kawasan hutan ini menjadi salah satu obyek wisata yang hits di Kota Jogja. Meski demikian,  banyak yang menyayangkan kawasan ini dibuka untuk umum karena dikhawatirkan bisa merusak ekosistem jika para pengunjung tidak sadar akan pentingnya hutan mangrove.

Rute menuju Hutan Mangrove

Rute menuju kawasan Hutan Mangrove ini bisa dilalui dengan mengambil arah Jalan Wates hingga sampai di Patung Nyi Ageng Serang. Selanjutnya perjalan dilanjutkan dengan mengambil arah Purworejo  lurus terus melewati Terminal Wates, lurus lagi sekitar 10 km sampai melewati rumah makan Padang Murah Meriah. Setelah itu akan ada pertigaan berbentuk huruf Y, ambil arah kiri sampai ketemu Jembatan Congot. Dari jembatan ini perjalanan dilanjutkan ke arah barat sekitar 100 meter. Nanti di sebelah kiri jalan terdapat papan nama Dusun Pasir Mendit. Dari sini perjalanan akan lebih mudah karena banyak penunjuk jalan menuju ke lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove

Biaya tiket masuk ke kawasan Hutan Mangrove sebesar RP.3.000 dan biaya parkir Rp. 2.000 per motor. Karena lokasi ini belum disediakan fasilitas wisata yang memadai, sebaiknya Anda Sayangnya belum banyak fasilitas yang ada di tempat ini, jadi disarankan bagi yang berkunjung ke kawasan hutan ini di pagi hari atau sore hari agar tidak terlalu panas. Jangan lupa untuk membawa perbekalan berupa makanan dan minuman agar Anda tidak kelaparan setelah tiba di sana. Semoga bermanfaat.

Pilih paket wisata jogja atau paket tour jogja pilihanmu bersama jpswisata.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *