Oleh Oleh Khas Semarang Terpopuler

 

lumpia semarang
lumpia semarang

Semarang merupakan kota di Indonesia yang mempunyai beragam kebudayaan, aneka pesona wisata, serta kuliner lezat. Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke Kota Semarang, jangan lupa membeli oleh oleh khas Semarang untuk keluarga di rumah. Nah, berikut beberapa rekomendasi oleh oleh khas Semarang terkenal yang banyak di favoritkan para waisatawan, yang sebaiknya Anda coba. Apa saja? Yuk, simak ulasannya!

 

Oleh Oleh Khas Semarang yang Paling Banyak Dicari Wisatawan

 

  1. Lumpia Semarang

 Bisa dibilang, lumpia merupakan salah satu ikon wisata kuliner khas Semarang. Kelezatan cita rasanya yang begitu lezat, membuat siapapun tak puas jika hanya makan satu biji. Oleh oleh khas Semarang satu ini dapat dengan mudah Anda temukan diberbagai penjuru Kota Semarang. Tapi, jika ingin mendapatkan lumpia dengan kelezatan maksimal, anda bisa membelinya langsung di tempat aslinya. Yakni di Gang Lombok, daerah pecinan Semarang. Di tempat ini menjual lumpia dengan resep asli. Selain itu, Anda dapat memilih kemasan lumpia dalam besek maupun kotak dari bambu.

 

  1. Roti Ganjel Rel

 Walaupun namanya terdengar aneh, tetapi roti ganjel rel mempunyai rasa khas yang istimewa. Bahan dasar dari oleh oleh khas Semarang ini adalah santan, air nira, tepung tapioka, kayu pemanis, gula, dan juga taburan wijen sebagai pemanis tampilan roti.

Nama roti ganjel rel sendiri diberikan warga karena warna rotinya yang coklat serta tekstur rotinya yang keras menyerupai dengan bantalan rel kereta api. Berbeda dengan lumpia,  oleh oleh khas Semarang ini tidak mudah di temui, untuk  Anda yang tertarik mencoba, bisa mengunjungi Jalan Pandanaran.

 

  1. Mochi/ Moaci Gemini

 Salah satu oleh oleh khas Semarang yang jangan sampai Anda lewatkan adalah kue mochi atau moaci gemini. Siapapun pasti akan tergoda dengan tampilannya yang bulat kecil serta rasanya yang lezat dan kenyal dengan taburan wijen di atasnya.

Moaci gemini terbuat dari tepung ketan dengan isian gula dan kacang cincang. Oleh oleh khas Semarang ini tahan hingga seminggu karena dibuat tanpa bahan pengawet. Anda dapat membeli moachi Gemini di Jalan Ketangan Barat 101, Semarang.

 

  1. Tahu Bakso

 Aktivitas minum teh sore hari kurang lengkap rasanya bila tanpa tahu bakso. Oleh oleh khas Semarang, tahu bakso ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat bila disajikan hangat serta disantap dengan cabe rawit. Anda dapat memilih tahu bakso rebus ataupun tahu bakso goreng. Keduanya sama-sama lezat. Selain itu, tahu bakso dapat ditemui dengan mudah di pusat oleh oleh khas Semarang, khususnya di Jalan Panandaran.

 

  1. Bandeng Juwana

 Apakah Anda salah satu penggemar olahan ikan? Jika iya, jangan lupa untuk mampir ke Jalan Pamularsih 70 dan Jalan Panandaran 57, Semarang, tepatnya di Bandeng Juwana Erlina. Disini tersedia berbagai macam olahan ikan bandeng yang lezat dan nikmat, seperti bandeng asap, otak-otak bandeng dan bandeng duri lunak.

Selain menjual oleh oleh khas Semarang bandeng untuk dibawa pulang, Anda juga dapat menikmati hidangan khas Bandeng Juwana Erlina, seperti gudeg bandeng, bandeng tauco dan sate bandeng di warung makannya yang berada di lantai 2.

 Nah, itulah beberapa oleh oleh khas Semarang yang terkenal dan menjadi favorit para wisatawan. Jadi, jangan ngaku sudah ke Semarang, jika belum menyicipi kelezatan aneka jajanan diatas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *