Ulasan Seputar Dasar Hukum Qurban Idul Adha Menurut Dalil Hadist Serta Ayat Al-quran

Di dalam melakukan ibadah qurban tentu juga memiliki dasar Alquran yang mana qurban tidak dapat dilakukan dengan sembarang cara. Dengan begitu dengan adanya pengetahuan serta pemahaman mengenai dasar hukum qurban idul adhamaka hati pun juga akan sedikit tenang, karena ketika ingin melakukan qurban maka Anda tidak perlu merasa bingung lagi. Selain hal tersebut dengan memahami akan dasar hukum yang ada sesuai dengan ajaran islam, maka Anda dapat menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran yang ada di agama islam.

 

Dalam melakukan qurban itu sendiri pun juga tidaklah dilakukan dengan cara yang sembarangan, karena di dalam melakukan qurban ada ketentuan serta aturannya sendiri yang harus di lakukan dengan cara benar, termasuk pada hewan yang nantinya akan dijadikan sebagai qurban, yaitu:

 

  • hewan qurban tidak boleh hewan yang buta, pincang atau cacat yang lainnya.
  • Hewan qurban tidak mengalami sakit.
  • Hewan qurban tidak kurus yang terlihat tulang-tulangnya.
  • Hewan Qurban bukan hewan tua yang tidak bersumsum.
  • Hewan Qurban sudah memiliki cukup umur.

 

Di dalam melakukan qurban, maka seluruh umat islam diwajibkan untuk membagi-bagikan daging dari hewan qurban yang telah disembelih secara merata, baik umat miskin maupun kaya semuanya sama-sama menerima daging kurban. Sedangkan untuk memberikan upah berupa daging kurban atau yang lainnya kepada penyembelih hewan qurban, maka hal ini tidak diperbolehkan. Oleh sebab itulah di dalam ajaran islam memberikan beberapa dalil yang berhubungan dengan qurban hal ini untuk menghindari kesalahan dalam menjalankan ibadah qurban, karena apabila qurban dilakukan tidak sesuai dengan syariat islam, maka ibadah Anda pun tidak sah di hadapan Allah. Dengan begitu agar qurban Anda tidak sia-sia, maka lakukan segala hal sesuai dengan syariat yang telah di ajarkan.

 

Dalam hal menyembelih hewan qurban pun juga harus di lakukan setelah selesai melaksanakan ibadah shalat idul adha, karena apabila penyembelihan di lakukan sebelum shalat idul adha, maka ibadah qurban pun dianggap tidak sah, serta hal ini pun haruslah menyembelih seekor kambing lagi untuk dijadikan sebagai penggantinya. Dan hal ini juga telah dijelaskan di dalam hadits Al-qur’an.

 

Allah menyuruh para hambanya yang memiliki kemampuan untuk melakukan qurban, sedangkan untuk hewan qurban yang diminta merupakan hewan qurban yang terbaik dan sempurna, karena memang Allah telah memberikan segalanya kepada hambanya, dengan begitu maka lakukan segala perintah yang dimintanya agar ibadah yang Anda lakukan mendapatkan jaminan di akhirat nantinya sebagai tabungan pahala Anda, karena Allah telah memberikan jaminan akan menghapus segala perbuatan buruk yang dilakukan oleh orang yang ikut serta memberikan hewan qurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *